+62 812 1918 6911 [email protected]

Memasuki usia pensiun merupakan suatu kondisi yang pasti dialami oleh siapapun yang berprofesi sebagai karyawan terlepas pada usia berapa hal itu akan dialami. Secara umum pensiun terjadi pada usia 55 tahun.

Memasuki usia pensiun merupakan suatu kondisi yang pasti dialami oleh siapapun yang berprofesi sebagai karyawan terlepas pada usia berapa hal itu akan dialami. Secara umum pensiun terjadi pada usia 55 tahun. Namun dikenal juga istilah pensiun dini yang umumnya di banyak perusahaan dapat diambil saat karyawan telah berusia lebih dari 45 tahun. Saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan ketentuan usia pensiun yang berbeda, khususnya untuk level manajemen, misalnya 56, 58 atau 60 tahun. Semuanya ini tentu terutama dengan pertimbangan bahwa karyawan banyak yang masih produktif jika pensiun pada usia 55 tahun selain tenaga mereka juga masih diperlukan. Di beberapa perusahaan menerapkan kebijakan untuk tetap menggunakan usia pensiun 55 tahun namun secara selektif karyawan yang masih produktif diperpanjang dengan status kontrak kerja waktu tertentu (KKWT).

Pada umumnya, di perusahaan yang sudah mapan, disediakan fasilitas kepada karyawannya untuk mempersiapkan diri memasuki usia pensiun. Ini merupakan kebijakan yang sangat bagus dan bermanfaat bagi karyawan selain tentu saja diterapkan sebagai bagian untuk menjadi perekat agar karyawan tetap bekerja untuk perusahaan hingga memasuki usia pensiun.

Persiapan memasuki usia pensiun sangat penting khususnya untuk karyawan yang belum tentu mendapatkan peluang kerja lagi setelah memasuki usia pensiun. Keterlibatan keluarga, khususnya istri atau suami, akan sangat bermanfaat karena perubahan juga akan terjadi didalam kehidupan berumah tangga. Karyawan akan lebih banyak di rumah, penghasilan bulanan akan berubah drastis, perlu kesepakatan dalam pengaturan keuangan rumah tangga, kesehatan harus lebih serius diperhatikan, biaya kesehatan sangat mungkin akan menjadi tanggungan sendiri, secara psikologis jika tidak siap dapat menjadi sangat sensitif, dan lain sebagainya yang kalau tidak dimengerti dengan baik oleh keluarga akan dapat berakibat fatal bagi kerukunan berumah tangga.

Beberapa orang menyikapi pensiun ini dengan sikap santai, mereka menganggap ini hanyalah perubahan profesi, koq repot. Sikap seperti ini dapat terjadi tentu saja karena sudah ada persiapan yang dilakukan jauh hari sebelum memasuki usia pensiun. Jadi kesiapan diri dalam menghadapi pensiun sangat perlu dilakukan. Pesan bijak dari orang-orang yang sudah pernah merasakan pensiun mengatakan bahwa uang pensiun, atau apapun namanya yang kita terima saat memasuki usia pensiun, terasa banyak saat uang tersebut belum diterima namun akan terasa sedikit dan kurang saat sudah sudah diterima. Karena itu persiapkan diri anda jauh sebelum memasuki usia pensiun.